Makanan Khas Riau Yang Harus Kamu Coba 2019

Advertisement

Makanan Khas Riau Yang Harus Kamu Coba 2019

BangYossi.ID
Selasa, 28 Mei 2019

Makanan Khas Riau Yang Harus Kamu Coba 2019



MAKANAN KHAS RIAU – Kota Pekanbaru adalah kota paling besar yang mana juga menjadi ibukota dari Provinsi Riau yang berada di pulau Sumatra, Indonesia. Tak hanya dikenal dengan minyak buminya yang melimpah, Pekanbaru juga dikenal sebagai sektor pariwisata.

Di Pekanbaru sendiri terdapat beberapa bangunan dengan motif arsitektur Melayu yang mana disetiap waktu liburan tiba, selalu ramai didatangi oleh wisatawan lokal ataupun luar daerah.

Selain destinasi wisata dan sumber minyak buminya yang melimpah, Pekanbaru juga menawarkan bermacam-macam kuliner yang enak dan sangat sayang untuk dilewatkan oleh anda.

Jika kamu memiliki rencana mau mengunjungi kota Pekanbaru atau sekarang juga sudah berada di kota Bertuah, jangan biarkan kamu lupa untuk mencicipi makanan khas Riau yang melegenda seperti yang akan di jelaskan di blog ini.



1. Gulai Ikan Patin Khas Riau


Ada salah satu makanan khas Riau yang sangat terkenal dan juga special. Makanan itu adalah gulai ikan Patin. Di Provinsi Riau terkhusus lagi di Pelanbaru, gulai ikan patin ini menjadi makanan yang tidak pernah sepi dari penggemarnya.
Alasannya, masakan khas Riau ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan mampuh membuat lidah kamu tak bisa berhenti menyantapnya. Menu gulai ikan patin ini dengan mudah bisa kamu temui di restoran-restoran besar atau ada juga di berbagai warung makan yang tersebar di wilayah kota pekanbaru.

Gulai ikan patin adalah makanan khas Pekanbaru yang memiliki kuah dengan warna kuning pekat untuk merendam potongan-potongan ikan patin. Warga Riau khususnya Pekanbaru umumnya tak Cuma mengkonsumsi ikan patin saja.

Ada menu yang medampingi masakan ini yang yang biasa disajikan dikala menikmati gulai ikan patin, yaitu lauk pelengkap, nasi hangat dan berbagai macam jenis sayuran semisal ubi rebus, pucuk daun dan lainnya. Cita rasa gulai ikan patin ini akan lebih lezat lagi jiak saat mengolahnya ditambahkan dengan bunga kecombrang yang memiliki fungsi sebagai penyedap rasa.

2. Asam pedas Ikan Baung Riau
makanan khas Riau


Olahan dengan bahan dasar ikan yang juga tidak kalah melegenda dengan makanan khas riau yang sebelumnya ini adalah asam pedas ikan baung. Dari namanya saja sudah jelas ada perbedaan antara asam pedas ikan baung dan gulai ikan patin.

Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu asam pedas ikan baung, simaka penjelasan singkat ini. Masakan yang satu ini adalah makanan yang lahir atas dasar pengaruh yang dibawa oleh orang-orang melayu di tanah Sumatera. Menu dengan bahan dasar ikan laut ini bisa dijadikan alternatif kamu yang mungkin saja sudah pernah mencicipi gulai ikan patin.

Untuk mengolah asam pedas ikan baung, masyarakat Riau meracik bumbunya dengan menggunakan bermacam rempah-rempah teradisional semisal bawang putih, jahe, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan serai. Sementara itu cita rasa asamnya didapat dari penggunaan asam kandis atau air asam Jawa yang digunakan untuk rendaman bumbu-bumbu dan ikan.

Ikan yang dipakai untuk masakan ini adalah ikan baung yang memiliki bentuk mirip dengan ikan lele karena memang ikan ini masih ada kerabat dengan ikan lele. Ikan baung sendiri memiliki tekstur daging lembut padat dan tidak memiliki duri halus dengan warna putih terang. Apabila ikan baung dibndingkan dengan ikan patin, ikan baung mempunyai tingkat ketebalan lebih disbanding ikan patin.

3. Nasi Lemak Khas Riau
makanan khas Riau


Makanan Khas Riau yang satu ini biasa juga kita temukan di Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapur. Biasanya nasi lemek disajikan untuk menu sarapan masyarakat melayu. Namun Kuliner khas Riau yang satu ini merujuk terhadap nasi yang diolah dengan campuran santan kelapa dan juga daun pandan untuk memberikan rasa yang gurih dan mengeluarkan aroma yang harum.

Pada umunnya nasi lemek ini dihidangkan dengan campuran lauk-pauk semisal telur. Sambal, ikan teri goreng, cabai dan irisan mentimun.

Selain adanya lauk pendamping itu, banyak juga nasi lemak yang disajikan bersama tempe, kacang panjang, tahu, sate, kacang tanah, cumi-cumi, daging, ikan, udang, kerang, petai dan limpa. Kalau kamu ada niatan mencicipi nasi lemak ini, banyak tersedia di warung-warung makan Pekanbaru yang menghidangkannya.

4. Miso Makanan Khas Riau
makanan khas Riau


Miso atau juga sering disebut mieso merupakan makanan khas Pekanbaru yang sangat mudah kamu dapatkan di berbagai sudut kota Madani. Miso bukan hanya dipekanbaru saja kamu bisa mendapatiannya, melainkan kamu juga bisa mendapatkannya di kota lain yang seperti Madani dan Pekalongan.


Perlu kamu ketahui miso merupakan makanan yang memiliki kuah dengan kolaborasi ragam bahan seperti mie putih, mie kuning, tahu kering, suiran ayam, kulit ayam renyah dan ditambahkan juga potongan tulang ayam. Bahan-sederhana yang digunakan membawa pengaruh terhadap harga yang ditawarkan, yaitu perporsi cuma 15,000an.

Ada rumah makan di Pekanbaru yang menjadikan miso masakan khas Riau ini sebagai menu utamanya. Tempat itu berada di Jl. Thamrin Ujung, Pekanbaru dan diberi nama Miso Pak Lek.

Meskipun miso banyak terjual di warung-warung makan lainnya, tapi Miso Pak Lek ini memiliki cita rasa yang lain daripada yang lainnya. Bahkan, saking enaknya warung makan miso pak lek lini sudah dikerumuni pembeli satu jam sebelum waktu istirahat makan siang.

5. Sate dan Sop Rusa Riau
makanan khas Riau


Untuk kamu yang sudah bosan dengan sajian daging sapa, daging kambing dan daging ayam, kamu wajib mencoba makanan yang ada di pekanbaru ini yaitu sate dan sop rusa dengan bahan dasar daging rusa. Kalau kamu belum pernah menikmati enaknya rasa daging rusa maka wajib untuk mencobanya. Daging rusa yang telah diolah akan dioalh kembali menjadi sop atau menjadi sate.


Dari sekian banyak para penjual sate dan sop rusa, warung Era 51 yang berada di Jl. Kaharudin Nasution No. 31 Pekanbaru ini unik dan sudah terkenal akan citarasanya yang enak.

Dengan tekstur daging yang enak ditambah juga dengan cita rasa manis dari bumbu mampuh memberikan pengalaman baru untuk kamu yang mungkin pertama kali mencoba danging rusa ini. Agar terasa lebih lengkap, kamu juga bisa memesan sop daging rusa sekalian meambah keistimewaan dalam menyantap daging rusa yang sudah dibakar dan direbus sekaligus ini.

6. Sup Tunjang Khas Riau
makanan khas Riau


Kota pekanbaru meiliki cuaca dingin ada sajian yang bisa menghangatkan badan yaitu sup tunjang. Sup tunjang merupakan makanan kahas Riau dengan memiliki kuah yang hangat. Ketika cuaca lagi dingin paling enak menyantap sup tunjang atau sering juga dibilang sup tulang ini. Menyantap semangkuk sup tunjang dan satu porsi nasi hangat bisa sekalian untuk mengisi prut yang lagi lapar.

Ciri khas dari sup tanjung adalah menggunakan bahan dasar dari tulang kaki sapi yang masih terdapat daging-daging yang menempel. Tulang kaki sapi tadi direndam ke dalam kuah bening kekuningan dengan menggunakan bahan pelengkap seperti irisan kentang, tomat, wortel, dan daun bawang.

Jahe, kayu manis dan cengkeh. Biasanya sup tunjuang di sajikan, disediakan juga sedotan yang guananya untuk menyedot sumsum yang ada pada tulang kaki sapi.

Ya Mungkin Segitu Aja Artikel Kali Ini Jangan Lupa Tetap Cintai Makanan Khas Indonesia